Cara Melacak Android Yang Hilang Melalui HP / Laptop

Spesifikasi, Tips dan Review Hape

Berita spesifikasi review gadget

Thursday, November 12, 2015

Cara Melacak Android Yang Hilang Melalui HP / Laptop

Cara Melacak Android Yang Hilang Melalui HP / Laptop - Oke, karena ini sifatnya urgent, maka mimin akan langsung masuk ke poin. Segala hal / catatan penting yang berkaitan dengan ini akan mimin tulis dibawah yaa (setelah tutorialnya). Oke, kita langsung aja ke TKP, mohon dibaca baik-baik :

1. Gunakan laptop atau kamu juga bisa meminjam smartphone milik temanmu untuk melacak dan mengunci hapemu yang hilang. Kamu tidak perlu menginstall aplikasi apapun disana, karena kamu hanya perlu membuka browser (mimin sarankan untuk menggunakan browser Chrome atau browser bawaan Android), lalu masuk ke Android Device Manager (silahkan klik link tersebut, atau masukkan alamat ini secara manual di browser mu : www.google.com/android/devicemanager).

2. Kamu akan diminta untuk sign in ke akun Google (gmail), silahkan masukkan akun yang sama yang juga digunakan pada gadget Android mu yang hilang.

3. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti ini (jika kamu menggunakan hape untuk melacaknya).

Melacak Android yang hilang
Android Device Manager (nanti akan kita singkat sebagai ADM) akan langsung melacak perangkatmu secara otomatis. Jika ternyata kamu memiliki lebih dari satu perangkat, maka silahkan ganti perangkat yang ingin dilacak dengan mengklik nama perangkat seperti pada gambar dibawah ini.

Melacak Android menggunakan hape
4. Jika sudah, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunci perangkat, untuk mengamankan perangkatmu agar siapapun yang menemukan tidak bisa mengutak atik settingan di perangkat tersebut. Kamu bisa melakukannya dengan mengklik tombol Lock yang ada di bagian bawah, seperti pada gambar ini.

Mengunci hape dari jarak jauh
Kemudian kamu akan diminta untuk membuat password / pin yang digunakan untuk mengunci perangkat tersebut. Namun kamu harus benar-benar mengingat password ini karena password ini akan digunakan untuk membuka perangkatmu nantinya. Kamu juga bisa memberikan pesan tertentu yang nantinya akan muncul di layar perangkat tersebut, serta memasukkan no telp mu agar si penemu bisa menghubungi kamu (jika dia ada niat baik).

Masukkan kode untuk mengunci
Layar akan tampil seperti ini :

Layar yang sudah terkunci
5. Jika memungkinkan, kamu bisa segera mencari lokasi dimana kira-kira perangkatmu berada. Namun perlu dicatat bahwa perangkatmu yang hilang tersebut juga harus terkoneksi ke internet, plus sudah mengaktifkan fitur GPS agar ia dapat memberikan informasi lokasi yang akurat. Jika ternyata GPS nya tidak aktif, maka kamu hanya bisa mengunci perangkat tersebut.

Namun kemungkinan untuk bisa melacaknya masih ada, tetapi tingkat akurasinya sangat buruk. Sekarang jika kamu sudah mendekati lokasi, kamu bisa menderingkan perangkat tersebut untuk mencari tau lokasi pasti dimana perangkatmu berada. Caranya adalah dengan menekan tombol Ring seperti yang ditunjukkan pada gambar dibawah ini :

Membunyikan perangkat dari jarak jauh
Lakukan beberapa kali pada interval waktu tertentu (misalnya tiap 20 detik), dan lihat reaksi orang-orang disekitarmu. Jika ada seseorang yang terlihat panik, berusaha menyembunyikan atau berusaha mematikan ponsel yang sedang berdering, maka dekatilah, dan tekan kembali tombol ring untuk memastikan bahwa itu memang perangkatmu.

6. Jika sudah ketemu, maka yang harus kamu lakukan adalah membuka kunci dan mengganti kode kunci tersebut jika dirasa perlu. Perlu diketahui bahwa mungkin layar tidak akan merespon kecuali untuk menekan tombol telepon, dan cara membuka kunci dari perangkat tersebut adalah dengan menyentuh tombol back, lalu masukkan kunci yang tadi kamu setting.
Bagaimana jika perangkat tidak terlacak?
Jika ternyata perangkatmu tidak bisa dilacak karena GPS nya tidak aktif dan kamu sudah putus asa untuk menemukannya, maka hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah melakukan penghapusan data pada perangkat tersebut agar data-data pribadimu termasuk foto, data apps, catatan dan semua yang tersimpan disana bisa dimusnahkan agar tidak disalahgunakan. Caranya adalah dengan menekan tombol erase yang ada dibagian bawah layar ADM.

HAL PENTING YANG HARUS KAMU PERHATIKAN KETIKA MEMILIKI PERANGKAT BARU NANTI!

Jika ternyata akhirnya kamu tidak bisa menemukan perangkatmu dengan cara tersebut diatas, maka kamu wajib mengambil pelajaran darinya. Dan bisa jadi hal itu karena kamu melewatkan beberapa hal sepele namun penting yang wajib dilakukan oleh setiap pengguna perangkat Android. Hal-hal yang mimin maksud tersebut sudah mimin tuliskan pada posting berjudul Setting penting yang wajib dilakukan oleh para pengguna Android, silahkan dibaca yaa.

Nah mungkin itu saja yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini, semoga perangkatnya bisa ketemu yaa. Kalau ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar. Semoga bermanfaat :D