Cara Mendownload Aplikasi Android Lewat PC / Laptop

Berita Tips dan Trik Gadget

Berita spesifikasi review gadget

Cara Mendownload Aplikasi Android Lewat PC / Laptop

Written by: -

Cara Mendownload Aplikasi Android Lewat PC / Laptop - Setelah sebelumnya saya membuat posting tentang cara download aplikasi pada gadget Android, di posting Android basic kali ini saya kembali membahas tentang cara download aplikasi, namun kali ini dengan menggunakan laptop / PC. Namun perlu digaris bawahi yaa, disini bukan berarti aplikasi tersebut akan terdownload ke PC atau laptop kita, ini hanya sebuah fitur remote download (atau apalah namanya) yang memungkinkan pengguna "mengirim" aplikasi yang ada di google play langsung ke perangkat Android anda.

Tips dasar Android
Jadi kita tidak perlu membuka aplikasi Google PlayStore pada perangkat kita. Fitur ini sering saya gunakan karena saya merasa lebih leluasa dalam memilih aplikasi melalui laptop. Selain itu, pengguna juga akan lebih mudah memilih dan mendownload aplikasi jika memiliki lebih dari satu perangkat (tidak perlu membuka google play pada masing-masing device). Itu artinya kita bisa langsung menginstal satu aplikasi yang sama pada perangkat yang berbeda-beda. Nah saya rasa pemirsa sudah mengerti maksudnya, maka sekarang langsung saja kita praktekkan :)

Sebelum mulai mencari dan mendownload aplikasi, hal pertama yang wajib anda lakukan adalah sign-in ke akun google di PC / laptop anda, lalu sign in akun google (dengan akun yang sama) pada masing-masing perangkat yang anda miliki. Akun google sangat penting terutama jika anda ingin menikmati seluruh fitur yang ada pada perangkat Android termasuk untuk urusan download seperti ini.

1. Buka browser pada komputer/laptop anda (bisa Mozilla, Google Chrome atau yang lainnya) lalu masuk ke Google PlayStore, dengan mengetik alamat play.google.com lalu akan muncul tampilan home page seperti pada gambar di bawah ini.

Halaman depan Google PlayStore
Perhatikan gambar diatas. Untuk memastikan bahwa anda telah melakukan sign-in akun Google pada komputer yang anda gunakan, lihatlah apakah nama dan foto anda sudah tertera seperti yang ditunjukkan oleh tanda bernomor 1. Lalu pada kotak yang ditandai dengan nomor 2 adalah kategori aplikasi yang tersedia untuk di download. Sedangkan kotak yang ditandai dengan nomor 3 adalah kotak pencarian dimana anda bisa mencari aplikasi berdasarkan namanya.

2. Disini kita akan mencoba untuk mencari aplikasi berdasarkan nama menggunakan kotak pencarian. Perhatikan gambar dibawah. Menu yang terdapat dibawah kotak pencarian adalah pilihan kategori aplikasi yang tersedia. Disini kita bisa memilih aplikasi berdasarkan harga ataupun berdasarkan rating tertinggi. Anda bisa mengabaikannya jika dirasa tidak perlu, dan anda bisa langsung memilih aplikasi yang dimaksud.

Memilih aplikasi untuk diinstall
3. Jika sudah memilih aplikasi, silahkan cek terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut kompatibel (dapat dipasang) pada perangkat anda atau tidak karena tidak semua aplikasi bisa di pasang pada perangkat tertentu. Pada contoh gambar dibawah terdapat keterangan bahwa "This app is compatible with some of your device" yang artinya adalah aplikasi tersebut tidak bisa dipasang pada beberapa perangkat yang kita miliki.

Install aplikasi di Android melalui komputer
4. Sebelum mengklik tombol Install, ada baiknya kita melihat apa saja fitur yang ditawarkan oleh aplikasi lalu silahkan klik install (tombol berwarna hijau) untuk melihat ijin akses apa saja yang diminta, apakah sesuai dengan fitur yang ditawarkannya seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

Konfirmasi install
Ini sangatlah penting, karena tidak semua aplikasi aman untuk diinstall. Beberapa aplikasi nakal akan membawa virus yang akan menginveksi perangkat anda. Anda bisa melihat tips aman memilih aplikasi pada halaman tips memilih aplikasi Android. Jika anda sudah yakin dengan aplikasi tersebut, silahkan pilih perangkat yang ingin anda pasangkan dengan aplikasi tersebut lalu klik install (tombol berwarna hijau).

Memilih perangkat yang ingin di install
Nah pada gambar diatas adalah contoh daftar perangkat yang kita miliki. Disana terlihat bahwa terdapat satu perangkat yang tidak kompatibel dengan aplikasi yang bersangkutan (ditandai dengan kotak berwarna merah). Itu artinya kita tidak bisa menginstall aplikasi ini pada perangkat yang tidak kompatibel tersebut.

5. Setelah mengkonfirmasi penginstalan (dengan mengklik Install diatas) maka akan muncul sebuah pemberitahuan bertuliskan "Congratulation" atau Selamat dimana nantinya aplikasi akan segera di download secara otomatis oleh perangkat yang kita pilih tadi. Sekarang lihat perangkat anda anda.

Download aplikasi Android
Pastikan perangkat anda juga telah terkoneksi dengan internet baik melalui WiFi ataupun paket data selular karena jika tidak maka aplikasi tidak akan bisa terdownload ke perangkat anda. Tapi jika perangkat anda gagal mendownload dengan pesan error "No Internet Connection", "Connection Timeout" atau semacamnya, mungkin artikel di halaman cara mengatasi Google PlayStore error bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.

Nah cukup mudah bukan? Jika anda ingin mengunduh dan menyimpan file .apk langsung di PC anda, silahkan mampir ke halaman Cara download file APK aplikasi Android ke PC atau laptop. Semoga bermanfaat :D