Cara Partisi SD Card Menggunakan Minitool Partition Wizard

Berita Tips dan Trik Gadget

Berita spesifikasi review gadget

Cara Partisi SD Card Menggunakan Minitool Partition Wizard

Written by: -

Cara Partisi SD Card Menggunakan Minitool Partition Wizard - Sebelum menggunakan perangkat smartphone dengan OS Android, mimin tidak pernah mendengar istilah partisi. Hingga suatu ketika mimin memutuskan untuk menggunakan sebuah aplikasi bernama Link2SD, dan aplikasi tersebut meminta mimin untuk melakukan partisi pada microSD Card yang mimin gunakan untuk dapat memanfaatkan fitur pada aplikasi tersebut secara maksimal. Karena penasaran, mimin pun memutuskan untuk mencari tau di blog-blog sebelah, dan akhirnya mimin baru paham arti dari partisi tersebut dan apa fungsi atau kegunaannya. Secara default, sebuah SD Card hanya memiliki satu buah partisi dengan system file fat32.

BACA JUGA : Apa itu partisi

Tujuan melakukan partisi SD card adalah untuk membagi memori atau ruang yang tersedia (secara virtual) menjadi beberapa bagian (dalam kasus ini menjadi 2 atau 3 bagian). Manfaat dari partisi SD Card adalah untuk memisahkan kumpulan data agar kita dapat menyimpan data tertentu pada partisi yang berbeda. Nah bingung kan? Makanya coba baca dulu deh artikel yang mimin kasih di link diatas itu.

Dalam kasus ini, kita akan dapat memanfaatkan partisi pada microSD card untuk membantu meringankan beban memory internal pada perangkat Android dengan memanfaatkan aplikasi seperti misalnya Link2SD. Oke mimin tidak akan berpanjang lebar lagi, berikut adalah langkah-langkah, alat serta bahan yang harus kamu punya untuk melakukan partisi pada memory:

BAHAN :
1. Install aplikasi Minitool Partition Wizard pada PC / Laptop. Silahkan sedot disini.
2. Card reader untuk menghubungkan microSD dengan PC/laptop. Kamu juga bisa menggunakan Adapter microSD jika laptop mu sudah mendukung fitur card reader.

Mohon diperhatikan untuk pengguna smartphone keluarga XPERIA dari Sony. Jika Link2SD memberikan pesan error pada perangkatmu setelah melakukan partisi, silahkan lanjut membaca di halaman berikutnya.

Langkah-langkah :

1. Sambungkan SD card ke PC dengan menggunakan card reader. Pastikan memory tersebut dapat terbaca dengan baik dan terdapat slot kosong setidaknya sekitar 500 MB hingga 1 GB.

2. Jangan lupa untuk backup semua file pada microSD ke PC/laptop milikmu (caranya tinggal mengcpoy / paste file nya ke PC). Jalankan aplikasi Minitool Partition Wizard pada PC. Pada apps tersebut, SD card milikmu akan terdeteksi di bawah disk 2 (F: ) seperti gambar di bawah

Mendeteksi sd card di minitool
3. Pilih disk 2 (F: ), klik kanan lalu pilih menu Move/Resize.

Cara menggunakan minitool partition wizard
4. Akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Perhatikan kotak atau bar yang berada dibawah section Size and location. Disana akan tertulis besaran ruang yang dimiliki oleh partisi utama (partisi 1) yang ada pada SD card yang kamu gunakan. Silahkan geser atau perkecil bar tersebut ke arah yang ditunjuk oleh gambar dibawah. Mohon baca keterangan dibawah gambar ini sebelum melanjutkan.

Mengatur besar ruangan memory sd card
KETERANGAN : Bagian ini merupakan partisi pertama (partisi 1) yang berguna untuk menyimpan data seperti musik, gambar dll sehingga membutuhkan memory yang besar. Untuk SD Card berkapasitas kecil (seperti pada contoh, 2 GB) mimin sarankan untuk menggunakan partisi ini sebesar 1.5 GB atau sesuai kebutuhan mu. Untuk memori yang lebih besar, silahkan atur sendiri sesuai kebutuhan mu, yang pasti partisi ini disarankan menggunakan memory sekitar 75-90% atau lebih (yang paling besar) dari kapasitas memory yang tersedia. Perlu dicatat pula bahwa kamu tidak perlu menyediakan ruang yang terlalu besar untuk partisi kedua nanti.

Perhatikan gambar diatas. Pada bagian yang diberi nomor 1 (partition size) merupakan besaran kapasitas untuk partisi ini (partisi 1). Sedangkan bagian yang diberi nomor 2 (unallocated space after) adalah besaran kapasitas yang tidak terpakai dan nanti akan kita manfaatkan sebagai partisi kedua. Jika sudah menentukan besarannya, silahkan klik OK untuk melanjutkan.

5. Sekarang akan muncul sebuah partisi baru yang terdapat dibawah disk 2 (F:) seperti pada gambar dibawah ini.

Mempartisi sd card
Pilih partisi tersebut, klik kanan lalu pilih Create seperti pada gambar dibawah ini. Jika muncul tanda peringatan, silahkan klik OK saja.

Cara partisi sd card dengan minitool
6. Akan muncul tampilan seperti pada gambar dibawah ini. Mohon diperhatikan pengaturan yang ada di dalam kotak berwarna merah. Lakukan pengaturan berikut :
Create as : Primary
File System : Ext 2

Pengaturan untuk mempartisi sd card
Pengaturan diatas sangatlah penting karena jika terlupa maka partisi kedua ini tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Perlu diperhatikan pula bahwa File system Ext2 tersebut adalah jenis file system yang disarankan untuk penggunaan aplikasi Link2SD. Jika kamu berniat untuk menggunakan partisi kedua untuk hal lain (aplikasi lain) silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kamu hanya berniat untuk membuat 2 partisi saja (untuk menggunakan Link2SD), maka kamu bisa langsung mengklik OK tanpa mengubah besaran kapasitas penyimpanan pada bar Size and location dan kamu bisa langsung loncat ke langkah nomor 9.

Namun jika kamu ingin membuat partisi tambahan untuk hal lain, silahkan sesuaikan besarannya seperti yang sudah dilakukan sebelumnya. Untuk microSD dengan kapasitas kecil (4GB kebawah) tidak disarankan untuk membuat partisi lebih dari 2.

7. Sama seperti sebelumnya, jika kamu menyisakan kapasitas penyimpanan pada partisi sebelumnya, maka di menu awal aplikasi Minitool Partition Wizard akan menampilkan sebuah partisi baru. Silahkan pilih dan klik kanan partisi baru (partisi ke-3) tersebut dan pilih Create.

Membuat partisi baru di sd card
8. Biasanya partisi ketiga ini digunakan untuk membantu kinerja RAM pada perangkat dengan menggunakan aplikasi tambahan lain pada perangkat smartphone/tablet sehingga tidak diperlukan kapasitas yang terlalu besar (dibawah 500 MB). Dan biasanya file system yang digunakan untuk itu adalah Linux Swap, sehingga pengaturannya seperti pada gambar dibawah ini :
Create as : Primary
File system : Linux Swap
9. Sekarang perhatikan gambar dibawah ini khususnya yang berada di dalam kotak. Pastikan kamu telah melakukan setting Primary pada Type di semua partisi, dan untuk partisi pertama kamu Wajib menggunakan File system FAT32. Jika kamu hanya membuat 2 partisi maka tentunya partisi yang paling bawah itu tidak akan muncul.

SD card yang akan dipartisi
10. Mimin sarankan untuk melakukan cek kembali apakah settingan yang kamu lakukan sudah sesuai dengan keinginanmu, dan kembali mimin ingatkan untuk memperhatikan hal yang mimin tulis di langkah nomor 9. Jika ternyata kamu melakukan kesalahan atau ingin mengubah settingan, kamu bisa mengklik tombol Discard yang berada di bagian atas aplikasi dan kamu bisa mengulangi semuanya dari awal lagi. Atau jika kamu sudah yakin dengan settinganmu, silahkan klik tombol Apply yang berada di bagian kiri atas aplikasi.

Membuat partisi baru di sd card
11. Kamu disarankan untuk menutup aplikasi selain Minitool (kamu tetap boleh membuka browser untuk membaca artikel ini) dan bagi kamu yang menggunakan laptop, disarankan untuk tidak menggunakan power saving mode untuk mempercepat proses. Tunggu hingga proses selesai.

12. Dan sekarang microSD milikmu telah di partisi. Sekarang kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi Link2SD pada perangkat Android milikmu. Jika kamu masih bingung untuk menggunakannya, kamu bisa membaca panduannya pada artikel cara menggunakan Link2SD.

Jika suatu saat kamu ingin menghapus partisi yang sudah kamu buat pada SD card, silahkan ikuti tutorialnya pada posting cara menghapus partisi SD card. Silahkan jelajahi blog Dunia Gadget 558 ini untuk mendapatkan informasi menarik lainnya Semoga bermanfaat :D